Thursday, September 11, 2014

Cara Mudah, Murah Dan Alami Untuk Mengusir Semut

Gak kebayang deh keselnya melihat tingkah laris semut yang mengerubungi makanan ataupun sekedar lalu lalang di hunian kita karena hunian akn terkesan kotor. Untuk membasmi semut, di pasaran telah banyak obat-obatan kimia baik yg berupa cair maupun bubuk. Tetapi bagaimana kalau di hunian banyak anak-anak yang berpotensi terkena bahaya dari bahan-bahan kimia tersebut. Alih-alih menggunakan insektisida yang berbahaya, Engkau dpt membuat sendiri pembasmi semut alami yg efektif dan aman.

Berikut adalah berbagai bahan yg tidak sulit diperoleh utk membasmi semut namun relative lebih aman untuk anak-anak anda.

1. Cuka
Metode lain yang efektif menyingkirkan semut ialah dgn menyemprotkan cuka pada tempat yg sering dilalui semut. Bau yg kuat dari cuka akan membuat semut menghindarinya.

2. Mentimun
Salah satu fakta aneh tentang semut adalah ternyata mereka tak menyukai rasa mentimun! Oleh karna itu, menempatkan potongan mentimun di daerah yg banyak dilalui semut ialah cara efektif utk mengusir mereka.

3. Jus Lemon
Cara lain yang sangat tidak susah utk menyingkirkan semut merupakan dengan mencampur jus lemon dengan sedikit air dan disemprotkan di daerah yg banyak semut.

4. Sabun
Tidak hanya dpt utk memudahkan membersihkan lemak di piring, sabun cuci piring juga dapat utk mengusir semut. Campur air dengan sabun cuci piring dan masukkan kedalam botol semprot. Untuk mengusir semut, semprotkan air yang sudah dicampur dengan sabun tersebut pada kerumunan semut. Sabun dapat memecah lapisan lilin rangka luar semut sehingga mengakibatkan dehidrasi.

5. Garam/Lada
Menyebarkan garam di sudut ruangan & pada sarang semut merupakan cara lain yang efektif untuk mengusir semut. Cara lain, larutkan garam dgn air panas setelah itu semprotkan ke daerah yg banyak semut.
Selain garam, lada jg bekerja efektif mengusir semut. Gunakan cara yang sama seperti saat Nte menggunakan garam.

6. Bubuk Kopi
Taburkan bubuk kopi di sekitar retakan utk mencegah semut masuk ke dalamnya. Bubuk kopi juga bisa ditebarkan di tempat yang banyak semut. Ampas sisa ngopi jg bias dimanfaatkan, caranya taburkan ampas kopi di sekitar jendela atau pintu yang menjadi jalan masuk semut ke hunian Anda.

7. Gemuk
Gemuk (grease) bertindak sebagai pengusir semut. Oleskan gemuk di tempat yang kepingin terbebas dari kerumunan semut.

8. Bedak Bayi
Taburi bedak bayi di mana pun Anda melihat semut. Semut membenci bau talk & akan menyingkir menjauh.

9. Bubuk Cabe
Tebarkan bubuk cabe pada sarang semut untuk mengusir mereka. Sensasi pedas dari cabe akan membuat semut lari pontang-panting

10. Parfum
Celupkan bola kapas dalam parfum yg kuat. Letakkan bola kapas di daerah yang ingin terbebas dari semut. Semut ngga dapat mentolerir bau parfum & akan menjauh. Cara lain, semprotkan parfum langsung ke sarang atau kerumunan semut untuk mengusirnya.

11. Kayu Manis
Meski rasanya manis, namun kayu manis ini ngga disukai semut. Utk mengusir semut, taburkan bubuk kayu manis di sekitar pintu, jendela dan lantai yang menjadi jalan masuk semut ke dalam rumah.

12. Air Jeruk Nipis
Bau asam jeruk nipis akan mengacaukan bau manis gula yg ditangkap semut. Untuk mengusir semut, semprotkan air perasan jeruk nipis di sekitar pintu atau jendela tempat masuknya semut.

13. Tepung Jagung
Tepung jagung atau tepung maizena dpt jg utk mengusir semut. Caranya, cari sarang semut kemudian taburkan tepung jagung di sarang semut tersebut. Ngga lama kemudian semut akan secepatnya meninggalkan sarangnya.

14. Daun Sirih
Daun sirih dpt digunakan untuk mencuci mata, selain tersebut daun sirih ternyata juga bisa dipakai sebagai alat pengusir semut alami. Remas-remas daun sirih & letakkan di tempat semut berkerumun. Serangga seperti semut tak menyukai bau minyak atsiri yang dikeluarkan oleh daun sirih.

15. Cengkeh
Cengkeh adalah salah satu rempah yg digunakan untuk bumbu masakan. Cengkeh biasa jg dicampurkan ke dlm tembakau rokok. Selain itu cengkeh ternyata juga bisa untuk mengusir semut.

Caranya dgn menaburkan cengkeh di sekeliling benda yg mau dijauhkan dari kerumunan semut & tempat yg sering dilalui & digunakan utk berkeliaran semut. Dengan mencium bau cengkeh yg khas semut akn menghindar & pergi.

16. Peppermint

Minyak esensial dari peppermint juga dapat digunakan utk mengusir semut. Kalau tidak gampang untuk menemukan minyak esensial peppermint, sebagai akternatif Lw dpt menggunakan sabun cair beraroma mint. Campur dgn air dengan perbandingan yang sama dlm botol semprot, setelah itu semprotkan pada kerumunan semut.
Kantong teh mint bekas jg dinilai efektif untuk mengusir semut. Letakkan kantong teh mint di mana banyak terdapat semut.
Daun mint jg bisa dikeringkan & dihancurkan menjadi bubuk utk setelah itu ditaburkan di tempat yg banyak semut.

17. Cangkang Telur Ayam
Karena gak bisa dimakan, maka biasanya cangkang telur ayam akan langsung dibuang. Namun mulai sekarang jangan buru-buru dibuang, apalagi kalau di hunian banyak semut. Sangrailah kulit telur ayam hingga berwarna kehitaman. Kemudian tumbuk kulit telur itu hingga halus. Selanjutnya Taburkan di tempat dimana semut-semut itu bersarang.

No comments:

Post a Comment