Saturday, August 30, 2014

Resep Sambal goreng krecek


Gudeg adalah jenis makanan yg berasal dari daerah Istimewa Jogjakarta. Gudeg sendiri terbuat dari bahan dasar nangka muda & terdapat campuran bunga kelapa. Tapi apakah kita tahu, kenapa makanan tersebut dinamakan Gudeg ? ada suatu kisah yg mendasari nama itu, & inilah ceritanya, pada saat jaman penjajahan, ada warga yg berasal dari Negara inggris tinggal di Negara Indonesia ini, tepatnya di daerah jogja & menikah dengan org gadis jawa. Lalu warga yang berasal dari Negara Inggris tersebut selalu memanggil nama istrinya dengan sebutan nama “dek”, karena panggilan tersebut memang umum di kalangan org jawa, sebagai cara utk memanggil istrinya yg menjadi seorang ibu hunian tangga.

Sambal goreng krecek

Lalu suatu waktu saat si suami pergi utk bekerja, lalu si istri mengalami kebingungan akan membuat masakan apa utk hari itu, lalu si istri ingat mengenai resep yang sudah di berikan kepada dia oleh ibunya, yaitu sebuah makanan yg memiliki bahan dasar dari buah nangka muda. Lalu sang istripun memasak masakan itu, dan saat sang suami pulang dari kerjanya, si suami langsung pergi ke tempat makan, serta langsung memakan makanan yg sudah disajikan oleh si istrinya tadi, setelah suami selesai makan, ia berkata kepada si istri “good dek”, “it is good dek”. Istrinya senang sekali hingga menceritakan kepada para tetangganya kalau suaminya senang dimasakan resep itu dan setelah selesai makan si suami selalu menceritakan “good dek”. Serta dapat disimpulkan bahwa nama Gudeg berasal dari hal itu yang ialah perubahan kata dari “good dek”. Mungkin juga terdapat cerita versi lainnya mengenai asal usul nama gudeg sendiri. Gudeg sendiri paling enak bila kami menyajikannya dengan sambal goreng krecek, komposisi utama sambal goreng krecek yaitu terletak pada cabe rawit utuhnya, yg membuatnya mempunyai rasa yang ciri khas. Untuk membuat sambal goreng krecek ikutilah langkah – langkah ini.



Bahan yang disiapkan : minyak goreng 3sdm, serai 1 batang (memarkan dan simpulkan), daun salam 3 lbr, lengkuas 4cm (memarkan), santan encer 1000 ml, krecek 150 gram, cabe rawit 15 buah, gula merah 1sdm, air.

Adapun bumbu yg telah dihaluskan : bawang merah 6 butir, bawang putih 4siung, cabe merah kriting 5siung, terasi bakar 1/2 sdt, garam secukupnya.

Semua bahan telah terkumpul dan sekarang ialah pembuatan sambal goreng krecek.
Pertama rendam krecek kedalam air, tunggu hingga minyak serta kotorannya mengapung, buang air dan tiriskan. Yang kedua, tumis bumbu halus, serai, daun salam serta lengkuas sampai matang. Lalu masukan santan encer serta aduk sampai mendidih. Yg ketiga masukan krecek juga, & diaduk sampai santan yg kita tuangkan tadi meresap dlm krecek kira kira 1/4 bagiannya. Yang terakhir masukan cabe rawit, beri gula merah & aduk sampai bumbu – bumbunya meresap, serta dapat disajikan bersama gudeg.

No comments:

Post a Comment